Perancangan Aplikasi Pariwisata dengan Pendekatan Design Thinking di Mandalika Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.54099/jpma.v3i3.1047Keywords:
Desa Wisata, Inovasi Digital, Design ThinkingAbstract
Nusa Tenggara Barat merupakan daerah yang berkontribusi cukup besar pada potensi pariwisata. Di era revolusi industry 4.0, teknologi informasi memegang peranan penting bagi kesuksesan pengembangan bisnis, termasuk pariwisata. Namun, di Nusa Tenggara Barat porsi penduduknya masih banyak yang tidak memanfaatkan internet untuk kebutuhan usaha. Masyarakat sasar di kawasan Desa Wisata Mandalika Lombok Tengah memiliki potensi sumber daya yang menarik untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata. Namun, lembaga pengelola menjadi salah satu aspek yang perlu ditingkatkan dalam pengembangan potensi desa wisata. Program pengabdian masyarakat mengusung perancangan inovasi digital bagi desa wisata di Lombok Tengah dengan pendekatan design thinking. Metode ini digunakan untuk dapat menghasilkan ide inovasi yang sesuai dengan konteks masyarakat sasar. Inovasi digital yang diusung adalah pengembangan aplikasi dasbor pariwisata “LombokHub”. Dari hasil pengujian ide kepada pengelola desa wisata, inovasi yang diusung mendapatkan respon positif. Sehingga terindikasi menarik untuk diimplementasikan.
References
Brown, T., & Wyatt, J. (2010). Design Thinking for Social Innovation. Development Outreach, 12(1), 29–43. https://doi.org/10.1596/1020-797X_12_1_29
Bupati Bandung. (2020). Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Tentang Pengelolaan dan Pengembangan Desa Wisata. Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung.
Ferreira, B., Silva, W., Oliveira, E., & Conte, T. (2015). Designing Personas with Empathy Map. 501–505. https://doi.org/10.18293/SEKE2015-152
Kamran, R., & Dal Cin, A. (2020). Designing a mission statement mobile app for palliative care: An innovation project utilizing design-thinking methodology. BMC Palliative Care, 19(1), 1–6.
Limantara, N., Renaldi, R., & Filicia, C. (2021). Redesign of E-Commerce Mobile Application with Design Thinking Method: A Case Study of RP2, Online Household Retailer. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 12(2), 89–98. https://doi.org/10.21512/comtech.v12i2.6851
Ling, D. (2015). Complete design thinking guide for successful professionals. Emerge Creatives Group.
Micheli, P., Wilner, S. J. S., Bhatti, S. H., Mura, M., & Beverland, M. B. (2019). Doing Design Thinking: Conceptual Review, Synthesis, and Research Agenda: Doing Design Thinking. Journal of Product Innovation Management, 36(2), 124–148. https://doi.org/10.1111/jpim.12466
Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (2005). Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2005—2025. Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Pham, Y. D., Fucci, D., & Maalej, W. (2018). A first implementation of a design thinking workshop during a mobile app development course project. Proceedings of the 2nd International Workshop on Software Engineering Education for Millennials, 56–63.
Project Management Institute (Ed.). (2021). The standard for project management and a guide to the project management body of knowledge (PMBOK guide) (Seventh edition). Project Management Institute, Inc.
Rosenbaum, M. S., Otalora, M. L., & Ramírez, G. C. (2017). How to create a realistic customer journey map. Business Horizons, 60(1), 143–150. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2016.09.010
Stevanović, M., Marjanović, D., & Štorga, M. (2016). Idea Assessment and Selection in Product Innovation: The Empirical Research Results. Technical Gazette, 23(6), 1707–1716.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.